Tuesday, May 13, 2014

Metode Pengambilan Data Stratigrafi


1. Metode Jacob Staff


Metode Jacob Staff adalah metode yang digunakan untuk megukur ketebalan suatu lapisan batuan yang menggunakan alat yang bernama tongkat jacob yaitu tongkat yang panjangnya 150 cm, diberi tanda atau grid yang panjangnya 10cm berwarna hitam putih atau merah putih untuk memudahkan perhitungan tebal lapisan tersebut dan pada ujung tongkat terdapat busur derajat untuk menyesuaikan kemiringan lapisan batuan. Metode ini lebih praktis dan cepat dalam pengolahan datanya dikarenakan langsung dapat mengetahui tebal sebenarnya. Tetapi tidah semua bidang perlapisan bisa diukur dengan metode ini, karena diperlukan singkapan yang ideal.



Cara penggunaan metode ini adalah : Mengukur dip bidang perlapiasn tersebut setelah itu tempelkan ujung bawah tongkat Jacob Staff ini pada lapisan yang paling bawah, kemudian dimiringkan sesuai dengan dip lapisan tersebut.

2. Metode Bentang Tali

Metode rentang tali adalah metode yang lakukan untuk mengukur ketebalan sebenarnya suatu bidang perlapisan dengan cara merentangkan tali yang sudah di beri tanda atau grid setiap 10 cm atau 1 meter, kemudian direntangkan pada singkapan batuan dan sebelumnya diukur dip dan slope bidang singkapan tersebut. Selanjutnya dalam pengolahan data lapangan menggunakan metode matematis dengan rumus. Metode ini lebih akurat dibandingkan dengan Metode Jacob Staff.

2.1 Pada daerah datar
Pengukuran pada daerah datar, apabila jarak terukur adalah jarak tegak lurus jurus, ketebalan langsung di dapat dengan menggunakan rumus : T = d sin ∂ (dimana d adalah jarak terukur di lapangan dan ∂ adalah sudut kemiringan lapisan). Apabila pengukuran tidak tegak lurus jurus, maka jarak terukur harus dikoreksi seperti pada cara diatas.


2.2 Pada daerah berlereng
Terdapat beberapa kemungkinan posisi lapisan terhadap lereng seperti diperlihatkan pada gambar 2 dan gambar 3. (Catatan: sudut lereng (s) dan kemiringan lapisan (∂) adalah pada keadaan yang tegak lurus dengan jurus atau disebut “true dip” dan “true slope” ).

•    Kemiringan lapisan searah dengan lereng.
Bila kemiringan lapisan (∂ ) lebih besar daripada sudut lereng (s) dan arah lintasan tegak lurus jurus, maka perhitungan ketebalan adalah :  T = d sin (∂ - s )


Bila kemiringan lapisan lebih kecil daripada sudut lereng dan arah lintasan tegak lurus jurus, maka perhitungan ketebalan adalah : T = d sin (s - ∂ )

 

•    Kemiringan lapisan berlawanan arah dengan lereng
Bila kemiringan lapisan membentuk sudut lancip terhadap lereng dan arah lintasan tegak lurus jurus maka : T = d sin ( ∂ + s )
 

Apabila jumlah sudut lereng dan sudut kemiringan lapisan adalah 900 (lereng berpotongan tegak lurus dengan lapisan) dan arah lintasan tegak lurus jurus maka: T = d

 

Bila kemiringan lapisan membentuk sudut tumpul terhadap lereng dan arah lintasan tegak lurus jurus, maka : T = d sin (1800 - ∂ - s)



2.3 Kemiringan lapisan mendatar
Bila lapisannya relatif mendatar,dengan kemiringan lereng yang sudah diketahui dan di ukur.  Maka dapat menggunakan rumus : T = d sin (s)


III.2.4 Lapisan batuan tegak
Bila lapisannya relatif tegak,dengan kemiringan lereng yang sudah diketahui dan di ukur.  Maka dapat menggunakan rumus : T = d sin (90o - s)

No comments:

Post a Comment